SNS (Social Networking Sites)

Mungkin di antara penggemar Kazoku Channel nggak ngerti atau nggak pernah denger atau nggak tau arti judul kita kali ini, SNS, singkatan dari Social Networking Site. Tapi boleh dibilang nggak ada para Kazoku-chan yang nggak bergabung menjadi anggota dari salah satu SNS ini, seperti Friendster, SNS yang paling populer di Indonesia dan Asia. Jadi apa sih, SNS itu?! SNS itu site, seperti Friendster, yang menyediakan tempat untuk bersosialisasi, dengan cara menyediakan sarana untuk memuat profil atau foto sendiri untuk bisa dilihat orang lain (semacam blog). Site ini dijadikan sarana untuk appeal atau mencari teman baru, ataupun mencari teman2 lama yang dah nggak tau juntrungannya. Nggak dikit contohnya dari para pengguna SNS yang berhasil ketemu kembali dengan teman2 SD, atau teman2 sedesa, karena di SNS ada fasilitas Search anggota dengan bermacam keyword seperti sekolah atau kota asal. Sekarang, sudah tak terhitung jumlah SNS yang ada di dunia internet. Banyak juga yang berhasil menggunakan SNS ini sebagai ladang bisnis. Terutama provider SNS yang banyak mendapat penghasilan dari iklan komersial yang dipasang di site mereka. Tidak hanya provider saja yang menggunakan SNS ini sebagai ladang penghasilan, para pengguna pun tidak sedikit yang berhasil memanfaatkan SNS untuk berbisnis. Tapi nggak bisa disangkal kalo mayoritas pengguna SNS itu bertujuan untuk mencari cowok atau cewek idamannya, dan tak jarang juga yang berhasil mendapatkan cinta, menikah dan berkeluarga. Selain itu, banyak juga SNS yang dikhususkan untuk kalangan2 tertentu, seperti bisnisman, traveller, penggemar filem atau tenis, atau gay dsb. Banyak juga SNS yang lokal yang populer di negara2 tertentu seperti MIXI di Jepang atau Xiaonei di China atau V Kontakte di Rusia. Kepopuleran SNS berbeda di antara negara2, seperti Facebook sangat populer di Amerika utara dan Eropa, sedangkan di Amerika Selatan (terutama Brazil), Orkut dari Google mendominasi. Friendster sangat populer di Asia Tenggara, tapi nggak populer di Amerika dan Eropa. Berikut ini adalah beberapa SNS tersukses di dunia internet, disarikan dari Wikipedia. 1. Facebook, 124 juta anggota, global akses rangking no 5 2. Windows Live Spaces, 120 juta anggota, global akses rangking no 4 3. hi5, 80 juta anggota, global akses rangking no 16 4. Friendster, 80 juta anggota, global akses rangking no 35 5. Orkut, 67 juta anggota, global akses rangking 11 Ada yang berminat membuat SNS lokal buat Indonesia?! MJ yakin sudah terdapat SNS lokal buatan orang Indonesia. Mungkin belum gitu populer yah... Di artikel berikut, MJ kan menulis tentang salah satu SNS tersukses di Jepang, yaitu MIXI. Nantikan deh :)

0 comments:

Shooting

Template by : kendhin